Penyebab Pasti Tenggelamnya Kapal Dumai Express 10 Belum Diketahui

MEDIA BATAM, : Menanggapi karamnya kapal MV Dumai Express 10 yang menanggkut penumpang sebanyak 312 penumpang tersebut, Direktur Polisi Air (Dirpol Air) Polda Kepri AKBP M Yassin Kosasih menyatakan belum mengetahui penyebab pasti tenggelamnya kapal tersebut. “Informasi yang saya dapatkan kapal tersebut terkena gelombang yang cukup besar,” katanya saat dihubungi via telepon, Minggu (22/11) kemarin.

Perwira melati dua di pundak in menyatakan saat mengetahui ada kapal yang tenggelam di tengah lautan, langsung mengirimkan tiga unit kapal untuk mengevakuasi penumpang. “Kapal tenggelam disekitar Selat Moro dan Tanjungbalai Karimun,” jelasnya lagi.

Tidak hanya itu, kapal dari Markas Besar (Mabes) Polri juga diturunkan untuk melakukan evakuasi. “Kapal Mabes seri 649 juga turun untuk melakukan evakuasi penumpang,” katanya. Sementara itu dari pihak Dumai Express saat dimintai keterangan menyatakan juga belum mengetahui penyebab kapal yang dibuat pada tahun 1999 ini.

“Kami belum bisa memberitahukan apa penyebabnya, karena sampai sekarang orang yang berada di kapal itu belum dapat dihubungi,” katanya.


Pria ini juga menyatakan dalam kapal tersebut terdapat 213 penumpang dan 13 awak kapal. “Kapal berangkat pada pukul 08.00 WIB, dan kita mendapatkan kabar sekira jam 10.00 WIB,” ujarnya lagi. Saat ditanyakan tentang Live Jacket (Pelampung) yang terdapat pada kapal tersebut, dirinya menyatakan ada sekitar 300 pelampung di kapal.

“Jadi kalau ada penumpang yang berebut untuk mendapatkan pelampung, mungkin mereka dalam keadaan panik.
Pelampung ada di atas tempat duduk dan dibawah tempat duduk penumpang. Selain itu kita juga telah menempelkan pemberitahuannya di depan tempat duduk,” katanya lagi. (ams)