Memberi Makan Kepada Kaum Dhuafa

Seperti biasa...Bulan Ramadhan selalu dinanti oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia, juga di Indonesia. Pastinya semua menyambut dengan sukacita bulan yang penuh dengan pengampunan dan memperkuat ibadah kita sebagai kaum muslim. Ritual yang banyak dilakukan adalah buka puasa bersama.

Ramadhan tahun lalu penulis pernah mendapatkan undangan buka puasa bersama di rumah suatu keluarga yang secara ekonomi serta status boleh dikatakan sangat berlebihan. Keluarga ini menyediakan makanan layaknya pesta besar, makanan berlimpah ruah dan sangat lezat setara dengan makanan resto kelas satu. Tamu-tamu yang diundang adalah relasi dari bisnisnya yang sebagian terlihat ada yang merokok, mengunyah makanan dan permen. Tidak puasakah mereka...? hmmm..wallahualam bissawab...

Ritual buka puasa, sholat maghrib, makan malam, sholat tarawih yang sebagian undangan sudah pulang dan selesai mendengarkan ceramah, terlihat undangan sudah banyak pulang.

Yang terlihat dengan jelas adalah makanan yang mungkin dibayar dengan harga jutaan rupiah sebagian masih tertata rapih. Subhanallah..betapa mubazirnya!!

Melihat itu penulis merasa miris, tidak kah terpikir oleh tuan rumah, mengapa tidak mengajak kaum dhuafa untuk berbuka bersama daripada mengundang partner bisnis yang notabene terlihat tidak melakukan ibadah puasa ataupun melakukan tapi terlihat mereka tidak makan berlebihan. Sehingga makanan yang disediakan tidak mubazir. Mungkin jika kaum Dhuafa yang diundang, makanan yang tersedia bisa habis atau jika tersisa mereka bisa membawa pulang untuk keluarga atau teman2 disekeliling mereka tinggal.
Ibadah yang mereka lakukan juga bisa dengan kesungguhan hati, menurut cerita, doa orang tidak punya selalu di dengar oleh Allah SWT, amin. Sehingga bisa menjadi amal bagi yang memberikan makanan atau sedekah bagi kaum Dhuafa.

Yang ingin penulis sampaikan, lebih baik memberi makan kepada kaum miskin yang memang perlu dibantu daripada kaum yang mampu. Jangan membuang makanan...makanlah yang sewajarnya, karena disaat Puasa Ramadhan kadang kita menjadi lapar mata, semua ingin dimakan, walau akhirnya menjadi makanan yang bersisa...

Banyak cara untuk melakukan sedekah...

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.