Dijebak Korban dan Polisi

Pemalsu KTP Keok Diringkus

BATAM, BM: Berakhir sudah sepak terjang Mansyur Adnan, lelaki yang dituding telah memalsukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Batam. Melalui lika-liku yang cukup alot, pelaku akhirnya berhasil diringkus oleh korbannya dibantu seorang anggota polisi.

“Kata teman saya, dia (pelaku) pernah pakai baju seragam PNS yang ada logonya, cuma dilapis jaket. Waktu kami mau nangkap, kalau saya beritahu kan bisa kabur. Makanya kita jebak pura-pura ada dua orang lagi yang mau bikin KTP sekalian ambil uangnya. Saya juga dibantu satu orang anggota polisi,” ujar Parlan, (30) warga Puri Legenda Malaka.
Parlan sendiri mengaku mengenali Mansyur dari seorang teman, hingga pada Sabtu (14/2) sekitar pukul 17.00 WIB lalu, ia meminta tolong kepada Mansyur untuk mengurus pembuatan KTP. Mansyur menyanggupi dan mematok biaya Rp200 ribu per KTP. Ketika itu, ada beberapa teman korban juga ikut serta mengurusnya. Parlan menyerahkan duit Rp1,4 juta hingga proses pembuatan KTP kelar.
Terbongkarnya kedok Mansyur bermula ketika salah seorang teman Parlan hendak membuka rekening gagal. Pasalnya, pihak bank menolak karena KTP si pemohon ternyata palsu. Berangkat dari itulah, lalu Parlan mencoba menghubungi Mansyur, si pengurus KTP tersebut untuk menjebaknya. Parlan mengajak Mansyur bertemu di Bengkel Pionika belakang DC Mall. Disitulah akhir petualangan pelaku.(kau)