Sempat Ditolak Klinik



Tersedak Susu, Bayi Tewas
BATAM,BM: Karena terlambat mendapat pertolongan, Ahmad Faisal, bayi berumur kurang dari dua bulan, tewas tersedak air susu yang diminum di rumahnya di Tiban I blok C nomor 169, Jumat (27/3) pagi.
Menurut Nila Erfinta (33), ibunda Ahmad Faisal, sejak pukul 06.00 WIB pagi kemarin ia menetekkan putranya itu. Tapi setelah sang buah hati lelap tertidur, ia pun beranjak dan membuatkan sebotol susu formula. Nah, lantaran semalaman kurang tidur, sambil menyusukan anak ketiganya itu, Nila pun rebah dan akhirnya ikut terlelap di samping putranya.

“Tiba-tiba saya kaget, anak saya gelagapan karena tersedak,” kata Nila, di rumah duka siang kemarin.
Spontan, Nila langsung membangunkan adiknya Benny (26). Lalu dengan mengendarai sepeda motor, mereka membawa Faisal yang kesulitan untuk bernapas itu ke salah satu klinik tak jauh dari rumahnya, tapi lantaran di klinik itu tak ada dokter yang berjaga dan perawat di sana juga tak mampu menangani Faisal. Akhirnya mereka dianjurkan segera ke rumah sakit terdekat.
Keluar dari klinik itu, Nila pun membawa anaknya ke rumah bidan yang tak jauh dari klinik tersebut. Bidan itu menganjurkannya untuk segera membawa Faisal ke rumahsakit.
Sambil memangku bayinya yang sudah sekarat itu, Nila yang dibonceng Benny langsung membawa Faisal ke Klinik Permata Bunda di Tiban. “Di sana anak saya langsung diberikan oksigen, saya lihat ada busa keluar dari mulutnya” kata Nila. Setelah itu ia membawa anaknya itu ke RSOB, tapi sampai di RSOB anaknya tidak tertolong lagi. Menurut Benny, Faisal mungkin sudah meninggal dalam perjalanan. Kami sampai ke RSOB sekitar jam setengah delapan, kata dokter yang menangani Faisal sudah meninggal,” ungkap Benny.
Sementara itu Abdul Fatah (ayah Faisal) yang saat kejadian masih berada di Singapura untuk bekerja, mendapat kabar dari istrinya melalui telepon. Dapat kabar anaknya meninggal ia langsung pulang ke Batam, dan baru tiba di rumahnya sekitar pukul 11.00 WIB.
Abdul Fatah dan Nila menyesalkan sikap petugas di klinik yang tidak berusaha memberikan pertolongan pertama pada anaknya, “Coba kalau mereka langsung tolong, mungkin tidak terlambat dan anak saya selamat,” ucap Nila didampingi Abdul Fatah suaminya.
Rencananya jenazah Ahmad Faisal, setelah dimandikan akan dimakamkan di TPU Seitemiang, usai Salat Jumat.
Sementara itu pihak klinik yang dimintai konfirmasinya, mengatakan saat kejadian itu di klinik memang sedang tidak ada dokter jaga. “Dokter mulai jam 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, dan baru akan datang lagi pukul 19.00 WIB,” ungkap receptionis.(cr4)